Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru

Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru

Hi.., al-hamdulillah kita bisa berjumpa kembali disini, semoga kita selamanya diberi kesehatan Oleh Allah swt. Kali ini akan membawa pembahasan tema terkait ", Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru". mari simak selengkapnya...

Bersumber dari kementerian bimbingan dengan kebudayaan direktorat jenderal guru dengan tenaga kependidikan, Admin pada kesempatan esai ini akan membagikan file penting pada bimbingan dengan konseling pada jenjang Sekolah Dasar. Guru bimbingan dengan konseling atau konsultan dengan guru kelas/mata pelajaran memiliki peran penting buat melepaskan ransangan yang tepat sehingga sel-sel otak berkembang dengan berfungsi secara ideal buat mendukung kematangan semua aspek perkembangan. Perkembangan yang ideal pada usia di SD jadi fondasi yang kuat bagi perkembangan pada tahap-tahap berikutnya. Pengalaman belajar awal yang menyenangkan dengan bermakna bagi anak mendorong anak buat memahami guna belajar bagi dirinya dengan memotivasi buat jadi pembelajar sepanjang hayat.

Pelayanan bimbingan dengan konseling melahirkan bagian integral dari acara bimbingan di sekolah yang seyogianya dilakukan oleh guru bimbingan dengan konseling atau konsultan yang memiliki kompetensi yang diamanatkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dengan Kompetensi Konselor. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dengan kompetensi profesional. Idealnya setiap sekolah dasar memiliki guru bimbingan dengan konseling atau konselor. Guru bimbingan dengan konseling atau konsultan saling bahu-membahu dengan guru kelas dengan guru mata pelajaran pada membantu peserta didik mencapai perkembangan optimal. Pada kondisi belum ada guru bimbingan dengan konseling atau konsultan dapat ditugaskan guru kelas terlatih buat menyelenggarakan fasilitas bimbingan dengan konseling. Hadirnya Panduan penajaan BK ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Bapak dengan Ibu memaksimalkan aksi konseling pada jenjang SD. Selengkapnya mengenai isi dari file Panduan tersebut dapat Anda download pada link dibawah ini.

Bimbingan dengan Konseling adalah upaya sistematis, objektif, logis, dengan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh guru bimbingan dengan konseling atau konsultan buat memfasilitasi perkembangan peserta didik/konseli pada mencapai kemandirian. Bimbingan dengan konseling melahirkan komponen integral sistem bimbingan pada suatu satuan bimbingan berupaya memfasilitasi dengan memandirikan peserta didik pada rangka tercapainya perkembangan individu secara utuh dengan optimal. Sebagai komponen integral, alam bimbingan dengan konseling yang memandirikan secara terpadu bersinergi dengan alam fasilitas administrasi dengan manajemen, serta alam kurikulum dengan pembelajaran

yang mendidik.

Panduan opersional ini bertujuan buat bersedekah arah penajaan Bimbingan dan

Konseling di Sekolah Dasar. Secara khusus arahan ini bertujuan:

1. memandu guru bimbingan dengan konseling atau konsultan pada memfasilitasi dengan memperhatikan ragam kemampuan, kebutuhan, dengan minat sesuai dengan karakteristik peserta didik/konseli;

2. memfasilitasi guru bimbingan dengan konseling atau konsultan pada merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dengan melakukan tindaklanjut;

3. bersedekah acuan guru bimbingan dengan konseling atau konsultan pada membabarkan acara fasilitas bimbingan dengan konseling secara utuh dengan ideal dengan memperhatikan hasil evaluasi dengan daya dukung sarana dengan infrastruktur yang dimiliki;

4. memandu guru bimbingan dengan konseling atau konsultan pada menyelenggarakan bimbingan dengan konseling agar peserta didik/konseli dapat mencapai perkembangan diri secara optimal, mandiri, sukses, sejahtera dengan bahagia pada kehidupannya;

5. memandu guru kelas dengan guru mata pelajaran pada melepaskan fasilitas bimbingan dengan konseling;

6. memandu guru buat bertanggung jawab terhadap tugas, menaruh hati tugas, dengan menaruh hati peserta didik.

7. bersedekah acuan bagi pemangku kepentingan penajaan bimbingan dengan konseling.

Administrasi bimbingan dengan konseling SD MI

Berikut kumpulan Administrasi Guru BK yang harus dimiliki secara lengkap :

  1. Contoh Data yang Dikumpulan pada Perencanaan Program
  2. Contoh Tabulasi dengan Analisis Data Permasalahan Siswa
  3. Contoh Kebutuhan Sarana dengan Prasarana Program Bimbingan dengan Konseling
  4. Contoh Rumusan Kebutuhan Peserta Didik pada Bentuk Perilaku
  5. Contoh Rumusan Tujuan
  6. Contoh Rencana Operasional Bimbingan dengan Konseling
  7. Contoh Jadwal Kegiatan Bim bingan dengan Konseling
  8. Contoh Rincian Anggaran Bimbingan dengan Konseling
  9. Contoh Program Semester
  10. Contoh Format RPL Konseling Individual
  11. Contoh Format Laporan Konseling Individual
  12. Contoh Format Kepuasan Konseling Individual
  13. Contoh Format RPL Konseling Kelompok
  14. Contoh Format Laporan Konseling Kelompok
  15. Contoh Format Kepuasaan Konseling Kelompok
  16. Contoh Format RPL Bimbingan Kelompok
  17. Contoh Format Laporan Bimbingan Kelompok
  18. Contoh Format RPL Bimbingan Klasikal
  19. Contoh Format Laporan Bimbingan Klasikal
  20. Contoh Format Bimbingan Kelas Besar / Lintas Kelas
  21. Contoh Format Laporan Bimbingan Kelas Besar / Lintas kelas
  22. Contoh Format Laporan Konsultasi
  23. Contoh Format Laporan Kolaborasi
  24. Contoh Format Alih Tangan Kasus
  25. Contoh Format Laporan Alih Tangan Kasus
  26. Contoh Format Laporan Kunjungan Rumah
  27. Contoh Format Laporan Advokasi
  28. Contoh Format Laporan Konferensi Kasus
  29. Contoh Format L aporan Kegiatan T ambahan
  30. Contoh Format Laporan Pengembangan Keprofesionalan
  31. Contoh Format Laporan Karya Ilmiah dengan Inovatif
  32. Contoh Laporan Keikutsertaan pada Organisasi Profesi
  33. Contoh Angket Evaluasi Hasil Layanan Bimbingan dengan Konseling Klasikal
  34. Contoh Instrumen Observasi terhadap Proses Layanan Bimbingan dengan Konseling
  35. Contoh Skala Asesmen Layanan BK menurut Siswa
  36. Contoh Skala Kepuasan Orangtua
  37. Contoh Skala Kepuasan Guru dengan Kepala Sekolah
  38. Contoh Rangkuman Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dengan Konseling
  39. Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Program Bimbingan dengan Konseling
  40. Jurnal Harian Kegiatan Bimbingan dengan Konseling
  41. Contoh Equivalensi Kegiatan Bimbingan dengan Konseling dengan Jam Kerja

Itulah informasi yang dapat Admin tuliskan dari buku arahan penajaan bimbingan konseling, selengkapnya mengenai pembahasan dari isi materi pada arahan tersebut dapat Bapak dengan Ibu unduh file lengkapnya pada bentuk pdf pada link dibawah ini.

Demikian yang dapat Admin beri semoga file BK ini melepaskan manfaat pada berbagai aksi bimbingan konseling yang Anda laksanakan.



Thanks for reading Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru

";q+=""+reljudul[D]+"";q+=""+relcuplikan[D]+" ... ";q+="";document.write(q);r++;if(r==relmaxtampil)break}if(D

Your Comments

Sekian pembahasan tentang "Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru". semoga tulisan ini bermanfaat buat Kita semua. terima kasih

Sumber artikel https://filepembelajarankurikulum2013.blogspot.com/2019/05/panduan-penyelenggaraan-bk-jenjang-sd.html

Posting Komentar untuk "Panduan Penyelenggaraan BK jenjang SD Terbaru"